Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Penguatan e-learning Berbasis Aplikasi Moodle untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Pada Siswa SMA

Sri Hastuti Rahayu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman dan penalaran matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan inkuiri terbimbing dengan penguatan e-learning berbasis aplikasi Moodle dan kemampuan pemahaman matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan inkuiri. Metode penelitian yang dipakai adalah metode quasi experimen, yakni non-equivalent groups design-posttest only, dengan mengambil dua kelompok sampel secara acak, yaitu kelompok eksperimen 1 dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa dan kelompok eksperimen 2 dengan jumlah sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan pemahaman dan penalaran matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan inkuiri terbimbing dengan penguatan e-learning berbasis aplikasi Moodle lebih baik daripada kemampuan pemahaman dan penalaran matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan inkuiri. Sikap siswa terhadap matematika yang belajarnya menggunakan inkuiri terbimbing dengan penguatan e-Learning berbasis Aplikasi Moodle lebih baik dari sikap siswa yang belajarnya menggunakan inkuiri terbimbing.


Keywords


Pemahaman dan penalaran siswa, inkuiri terbimbing, aplikasi Moodle.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35880/simpuljuara.v3i1.89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SIMPUL JUARA INDEXED BY:

   

__________________________________________________________________________________________________________

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Dinas Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI

Jalan Raya Cipeuyeum Km 19 Desa Kertasari Kecamatan Haurwangi
Email: kcdwilayah6@gmail.com