Penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X4 Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Cianjur Kabupaten Cianjur

Sigit Sri Widodo

Abstract


Dilaksanakannya penelitian tindakan kelas ini berangkat dari latar belakang perlunya pembaruan dalam kegiatan belajar mengajar baik yang dilakukan oleh guru maupun oleh siswa khususnya pada mata pelajaran sejarah. Rendahnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa yang tidak sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah. Kegiatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk memperoleh data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas maka dapat diperoleh data-data hasil belajar siswa melalui ulangan ke 1 yaitu 64 (belum menggunakan pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw). Setelah menggunakan metode jigsaw maka hasil belajar siswa meningkat menjadi 71 pada siklus I, 73 pada siklus II dan 76 pada siklus III. Adapun persentase tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebelum menggunakan jigsaw adalah 56 %, setelah menggunakan jigsaw secara bertahap mengalami peningkatan dari 72 % pada siklus I, 86 % pada siklus II dan 100 % pada siklus III.


Keywords


Sejarah, pembelajaran kooperatif, ketuntasan belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35880/simpuljuara.v3i1.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SIMPUL JUARA INDEXED BY:

   

__________________________________________________________________________________________________________

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Dinas Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI

Jalan Raya Cipeuyeum Km 19 Desa Kertasari Kecamatan Haurwangi
Email: kcdwilayah6@gmail.com