Penggunaan Media Peta Rupa Bumi Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Keruangan Peserta Didik Kelas XII IPS 3 SMAN 1 Cianjur

Elly Tri Harijani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui penggunaan media peta rupa bumi Indonesia untuk meningkatkan kemampuan literasi keruangan peserta didik  dan mengetahui kendala-kendala yang ditemukan dalam penggunaan media peta rupa bumi Indonesia untuk meningkatkan kemampuan literasi keruangan.  Penelitian melibatkan siswa kelas XII IPS 3 di SMAN 1 Cianjur. Siswa   dikelompokkan dan diberi tugas membaca dan mengidentifikasi peta rupa bumi, mengidentifikasi pola penggunaan lahan dan jaringan transportasi.   Hasil dari kegiatan-kegiatan tersebut dikumpulkan dan diberi umpan balik oleh guru. Siswa memperbaiki lembar kerja yang belum tepat dalam mengidentifikasi peta rupa bumi.  Pembelajaran melalui media peta rupa bumi ini dapat membangun karakter siswa yaitu meningkatkan rasa ingin tahu, kritis, tanggung jawab, dan percaya diri. Membangun ketrampilan siswa khsususnya dalam literasi keruangan terutama dalaml ingkungannya sendiri dapat meningkat.


Keywords


Pembelajaran literasi keruangan, peta rupa bumi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35880/simpuljuara.v3i1.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SIMPUL JUARA INDEXED BY:

   

__________________________________________________________________________________________________________

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Dinas Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI

Jalan Raya Cipeuyeum Km 19 Desa Kertasari Kecamatan Haurwangi
Email: kcdwilayah6@gmail.com