IMPLEMENTASI METODE CERAMAH BERVARIASI TERHADAP PENINGKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON

Budiyanto Budiyanto

Abstract


Metode Ceramah bervariasi adalah metode mengajar yang dalam pelaksanaannya menuntut banyak keterlibatan/kreatifitas siswa. Siswa dituntut untuk aktif baik bertanya kepada guru maupun berdiskusi/berinteraksi dengan teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan Higher Order Thinking Skills siswa dengan mengimplementasikan metode ceramah bervariasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal essay untuk mengukur Higher Order Thinking Skills, angket guna mengukur keberhasilan belajar peserta didik. Data dianalisis secara kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai Higher Order Thinking Skills peserta didik yang menggunakan metode ceramah bervariasi lebih tinggi dibandingkan metode ceramah konvensional. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode ceramah bervariasi terhadap Higher Order Thinking Skills peserta didik.


Keywords


Metode ceramah bervariasi, Higher Order Thinking Skills, hasil belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35880/simpuljuara.v3i1.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SIMPUL JUARA INDEXED BY:

   

__________________________________________________________________________________________________________

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Dinas Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI

Jalan Raya Cipeuyeum Km 19 Desa Kertasari Kecamatan Haurwangi
Email: kcdwilayah6@gmail.com