Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Serta Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Konstruktivisme Model Needham

Aang Kunaepi

Abstract


Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahui pencapaian dan  peningkatan kemampuan  pemahaman dan  komunikasi  matematis siswa Sekolah  Menengah Kejuruan  melalui pembelajaran dengan  menggunakan  Pembelajaran Konstruktivisme  Model  Needham.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kuasi eksperimen  dengan  desain  kelompok  kontrol  non-ekuivalen  menggunakan teknik Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK  di Kabupaten Cianjur, dan yang menjadi sampel penelitian  adalah  sebanyak  dua kelas.  Dari  dua kelas  tersebut  diklasifikasikan menjadi  dua kelompok pembelajaran,  yaitu kelompok  pembelajaran  dengan menggunakan  model  Needham  dan  pembelajaran  konvensional. Kelas XITKJ.1 dijadikan sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelas XI TKJ.2 dijadikan sebagai kelompok  kontrol.  Analisis data  dilakukan  secara kuantitatif  dan  kualitatif, analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan ujit dan uji Mann-Whitney. Analisis kualitatif  dilakukan  untuk  mengetahui  sikap  siswa  setelah mendapatkan  pembelajaran  konstruktivisme  model  Needham.  Data  penelitian  dikumpulkan melalui tes dan  skala sikap. Hasil penelitian  mengungkapkan  bahwa, (1)  Pencapaian dan peningkatan  kemampuan  pemahaman dan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran  konstruktivisme model  Needham lebih baik  dari pada siswa  yang mendapatkan pembelajaran konvensional,(2) Peningkatan kemandirian belajar siswa yang  mendapatkan pembelajaran konstruktivisme model Needham lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional,  (3) Secara umum,  siswa menunjukkan  sikap  positif  terhadap pembelajaran matematika, soal-soal pemahaman dan komunikasi matematis serta terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan pembelajaran konstruktivisme model Needham

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35880/simpuljuara.v2i1.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SIMPUL JUARA INDEXED BY:

   

__________________________________________________________________________________________________________

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Dinas Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI

Jalan Raya Cipeuyeum Km 19 Desa Kertasari Kecamatan Haurwangi
Email: kcdwilayah6@gmail.com