UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI KOMITMEN BUDAYA ORGANISASI DI SMKN 7 KOTA BEKASI

Lusharyany Wanturol Tulistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang paling tepat untuk memotivasi guru dalam membangun karakter siswa di SMKN 7 Kota Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tindakan dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah kesepakatan komitmen budaya organisasi untuk memotivasi guru dalam membangun karakter siswa. Kesepakatan komitmen budaya organisasi yang dicanamgkan Kepala sekolah diharapkan memberikan perubahan kepada bapak dan ibu guru untuk lebih termotivasi dalam membangun karakter siswa.  Penelitian dilakukan di SMKN 7 Kota Bekasi pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2019 - 2020 selama 2 bulan yaitu bulan Agustus dan September 2019. Dalam penelitian tindakan sekolah ini yang menjadi subyek penelitian adalah Guru SMKN 7 Kota Bekasi yang berjumlah 30 orang guru. Komitmen budaya organisasi yang disepakati bersama pada siklus 2 memberikan peningkatan hasil. Peningkatan yang paling besar terlihat pada komitmen membangun rasa tanggung jawab pada siswa yang semula pencapaiannya 37 % setelah adanya komitmen meningkat sebesar 35 % menjadi 71 %. Rata-rata peningkatan ketercapaian komitmen budaya organisasi meningkat sebesar 24 % dan dari semua indikator mengalami peningkatan. dengan demikian komitmen budaya organisasi berhasil meningkatkan motivasi guru dalam membangun karakter siswa.


Keywords


motivasi, membangun karakter, budaya organisasi

Full Text:

PDF

References


Atabek, O. (2020). Adaptation of creative self-efficacy scale into Turkish language. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 12(2), 84–97. https://doi.org/10.18844/wjet.v12i2.4639

Danim S. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Gibson, Ivancevich, Donnelly. 2002. Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Terjemahan Nunuk Adiarni. Tangerang: Binarupa Aksara.

Herdananto B. 2009. Menjadi Guru Bermoral Profesional. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Koesoema D. 2009. Pendidik Karakter: di zaman Keblinger. Jakarta: Grasindo.

Luthans F. 2006. Perilaku Organisasi. Terjemahan Vivin Andhika. Yogyakarta: Andi.

Miftahuddin, A., Hermanto, B., Raharja, J., & Chan, A. (2020). City Brand Attractiveness on Tourism using Rasch Model Approach. International Journal of Supply Chain Management (IJSCM), 9(2), 150–156.

Mónico, P., Mensah, A. K., Grünke, M., Garcia, T., Fernández, E., & Rodríguez, C. (2020). Teacher knowledge and attitudes towards inclusion: a cross-cultural study in Ghana, Germany and Spain. International Journal of Inclusive Education, 24(5), 527–543. https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1471526

Sahota, S. (2020). Using problem-based learning to improve patient safety in the emergency department. Emergency Nurse, 28(2). https://doi.org/10.7748/en.2020.e1958

Susanti, R., Deepali Mallya, D., & Indawan. (2020). The effective feedback practices in a large EFL writing class in Indonesia. Talent Development and Excellence, 12(SpecialIssue2), 920–932. Retrieved from https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85084316878&partnerID=40&md5=98e26e7c7fd347fcf04599cfa6c3139f

Soedarsono S. 2010. Karakter Mengantar Bangsa dari Gelap Menuju Terang. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Stephen, P. R. 2003. Organizational Behavior. Terjemahan Benyamin Molan. New Jersey: Prentice Hall.




DOI: https://doi.org/10.35880/simpuljuara.v2i1.41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SIMPUL JUARA INDEXED BY:

   

__________________________________________________________________________________________________________

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Dinas Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI

Jalan Raya Cipeuyeum Km 19 Desa Kertasari Kecamatan Haurwangi
Email: kcdwilayah6@gmail.com