Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Model Pembelajaran Inquiry Pada Sistem Ekskresi

Sutrisno Sutrisno

Abstract


Hasil belajar biologi di kelas XI MIPA SMAN 5 Cirebon ditemukan beberapa permasalahan diantaranya tingkat ketuntasan hanya 65% (KKM=73). Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar biologi dengan model pembelajaran inquiry pada materi sistem ekskresi. Metode penelitian yang dilakukan terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dua kali pertemuan pembelajaran tatap muka dan pertemuan ketiga dilakukan post test. Data hasil penelitian berupa hasil post test, hasil pengamatan aktivitas siswa dan kinerja guru. Hasil penelitian post test dipeoleh nilai rata-rata siklus I 69,57 dan siklus II 75,09 atau ada peningkatan 5,52. Pada tingkat ketuntasan belajar siswa siklus I 71,43% dan siklus II 94,29% atau mengalami peningkatan 22,86%. Aktivitas siswa siklus I 71,8% (cukup baik) dan siklus II 79,5% (sangat baik). Hasil kegiatan praktikum siklus I 72,3% (cukup baik) dan siklus II 80,1% (sangat baik). Kinerja guru siklus I 72% (cukup baik) dan siklus II 85% (sangat baik). Penelitian ini disimpulkan dengan model pembelajaran inquiry meningkatkan hasil belajar biologi pada materi sistem ekskresi.


Keywords


Hasil belajar biologi, Aktivitas siswa, Model Pembelajaran Inquiry

Full Text:

PDF

References


Danial, Endang AR., Dr. H. M.Pd. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat PLP, Dirjendikdasmen, Depdiknas. Jakarta

Depdiknas. (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktoral Pendidikan Lanjutan Pertama. Jakarta

Purwanto. (1992). Pengertian Tes Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rineka Cipta

E.Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Professional:Menciptakan Pembelajaran Yang Kreaktif dan Menyenangkan. Bandung: PT Rosda Karya

Hasibuan dan Moedjino. (1996). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya.

Rustaman, N., et al . (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Penerbit Universitas Malang.

Sanjaya, Wina. Dr. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.35880/simpuljuara.v2i1.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SIMPUL JUARA INDEXED BY:

   

__________________________________________________________________________________________________________

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Dinas Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI

Jalan Raya Cipeuyeum Km 19 Desa Kertasari Kecamatan Haurwangi
Email: kcdwilayah6@gmail.com