Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling (Bk) dalam Menyusun Persiapan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Melalui Pendekatan Moda Tatap Muka In-On-In

Iceu Rohayati

Abstract


Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan dengan tujuan untyuk mengetahui apakah pendekatan moda tatap muka In-On-In dapat meningkatkan kompetensi Guru BK  dalam menyusun persiapan pelaksanaan pelayanan BK di sekolah binaan (SMA Mutiara 1,SMA Mutiara 2, SMAK Paulus Kota Bandung, dan SMA Plus Assalaam Kabupaten Bandung) ) tahun pelajaran 2017-2018. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif melalui penelitian tindakan (action research)   yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan pada pertemuan kedua dilakukan pengumpulan data akhir, terdapat peningkatan antara siklus 1,dan  siklus 2, dengan subyek penelitian guru Bk di  sekolah binaan (SMA Mutiara 1,SMA Mutiara 2, SMAK Paulus Kota Bandung, dan SMA Plus Assalaam Kabupaten Bandung) tahun pelajaran 2017-2018. Secara keseluruhan dari kedua siklus tersebut terdapat pengaruh  dari pendekatan moda tatap muka In-On-In.


Full Text:

PDF

References


ABKIN Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal ( Naskah Akademik). Bandung: ABKIN.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konelor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal : Jakarta.

https://www.websitependidikan.com/2016/09/7-prinsip-pelaksanaan-pembelajaran-guru.html

Kemendikbud. 2009.Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan 2016 Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA): Jakarta.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah . 2017. Panduan Kerja Pengawas Sekolah Pendidikan Dasar dan Menengah : Jakarta.

Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. 2010. Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muzayyin,Suwandi, Sarwiji. 2009. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru : Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta : UNS.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal (Naskah Akademik).Bandung:ABKIN

Sahertian, P.A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.35880/simpuljuara.v2i1.37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SIMPUL JUARA INDEXED BY:

   

__________________________________________________________________________________________________________

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Dinas Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI

Jalan Raya Cipeuyeum Km 19 Desa Kertasari Kecamatan Haurwangi
Email: kcdwilayah6@gmail.com