Penggunaan Media Augmented Reality dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Materi Protista

Deni Cendrianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efetivitas penggunaan media Augmented Reality dengan model Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi materi protista di kelas X IPA 4 SMAN 9 Kota Bandung tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini meliputi: Merencanakan (planning), Tindakan (Action), Mengamati (Observation) dan Merefleksi (Reflection). Penelitian ini merupakan penelitian berdaur (siklus), untuk data hasil belajar yang diperoleh melalui tes dianalisis dengan menggunakan program pengolah angka untuk mendapatkan hasil analisis statistik deskriptif sederhana. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mendeskripsikan karateristik siswa. Dari hasil analisis diperoleh bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari tiap siklus. Terlihat pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai (67%) naik menjadi (76%) pada siklus yang ke II dan (88%) pada siklus ke III, sehingga ketuntasan klasikal yang diharapkan 85% tercapai dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media Augmented Reality dengan model Discovery Learning dapat berpengaruh posistif terhadap hasil belajar siswa X IPA 4 SMA Negeri 9 Kota Bandung tahun pelajaran 2019/2020.


Keywords


Augmented Reality; Discovery Learning; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aswita, D. (2015). Identifikasi Masalah Yang Dihadapi Guru Biologi Dalam Pelaksanaan Pelajaran Pada Materi Ekosistem. Jurnal Biotik, 3(1), 63–68.

Kesim, M., & Ozarslan, Y. (2012). Augmented Reality in Education: Current Technologies and the Potential for Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47(December), 297–302. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.654

Lestari, W. (2016). Efektifitas Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(3), 170–181.

Rahman. (2014). Keterampilan Guru Abad 21 dalam Variabel Penguasaan Media Audio Visual. 1–6. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_DAERAH/195704011984121-RAHMAN/KETERAMPILAN GURU ABAD 21 DALAM VARIABEL PENGUASAAN MEDIA AUDIO VISUAL.pdf

Sani, A. (2015). The Effect Of Multimedia - Aided Teaching On Kindergarten Children Mathematical Achievement And Attitude.

Wiraatmaja, & Rochiawati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.35880/simpuljuara.v2i1.36

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SIMPUL JUARA INDEXED BY:

   

__________________________________________________________________________________________________________

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Dinas Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI

Jalan Raya Cipeuyeum Km 19 Desa Kertasari Kecamatan Haurwangi
Email: kcdwilayah6@gmail.com