PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNISI SISWA PADA MASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Pembelajaran daring dapat digunakan dengan memperhatikan kondisi siswa dan pengajar. Perubahan pola pembelajaran saat ini terlihat masif dilakukan di semua jenjang pendidikan akibat pandemi Covid-19. Makalah ini bertujuan untuk mengupas secara teoritis berdasarkan studi pustaka penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan kognisi siswa pada masa pandemi Covid-19 . Sistem pembelajaran daring berbasis proyek memberikan banyak peluang untuk mengakses bahan ajar oleh warga pembelajar. Banyak media daring yang bisa diakses melalui jaringan internet oleh pengajar maupun peserta didik. Beberapa hal yang menjadi kendala dalam penerapan pembelajaran daring diantaranya kuota internet yang terbatas dan masih belum terbiasa tenaga pendidik beserta siswa dalam mengaplikasikannya. Oleh karena itu perlu adanya upaya khusus yang lebih masif untuk mengatasi problematika ini mulai dari individu masing-masing, dukungan keluarga, lembaga/institusi pendidikan, jasa provider dan pemerintah. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat memaksimalkan pembelajaran daring adalah pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran ini memberikan peluang kepada siswa untuk mempelajari konsep secara mendalam sekaligus juga dapat meningkatkan hasil belajar mereka.
Full Text:
PDFReferences
Hui, D. S., E., I. A., Madani, T. A., Ntoumi, F., Kock, R., Dar, O., et al. 2020.The continuing 2019-nCoV epidemic threat of novel coronaviruses to global health—The latest 2019 novel coronavirus outbreak in Wuhan, China.International Journal of Infectious Diseases, 91, 264–66.
Ilmiyah, S. 2020. Surotul Ilmiyah — PBNU Menjawab Tantangan Virus Corona.https://youtu.be/SPdc4WT8BCg
Ilmiyah, S. 2020. Surotul Ilmiyah — Upaya PBNU Mencegah Penyebaran COVID-19.https://youtu.be/rYlypLWR3Qw
Irene, Saleh, R. R., Foresto, B., Djuanda, R. E., Prayogo, A., Arianti, A., et al. 2020. Pesan Para Dokter terkait Covid-19.https://youtu.be/F1IiXodT3MQ
Kemendikbud.2013. Materi Umum dan Materi Pokok Sekolah Menengah Pertama.
Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan.
https://lldikti1.ristekdikti.go.id/berkas/semendikbud032020pencegahancorona.pdf
Molinda, M. 2005.Instructional Technology and Media for Learning New Jersey Colombus, Ohio.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Malang:Bumi Aksara.
Sucilestari, R. & Arizona, K. 2018.Peningkatan Kecakapan Hidup melalui Pembelajaran Sains Berbasis Proyek. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.436-441.
http://www.jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/SemnasBIO/article/view/700
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.35880/simpuljuara.v3i2.100
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SIMPUL JUARA INDEXED BY:
__________________________________________________________________________________________________________
Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Dinas Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI
Jalan Raya Cipeuyeum Km 19 Desa Kertasari Kecamatan Haurwangi
Email: kcdwilayah6@gmail.com